Cara Membuat Kue Pukis 1001 Resep Masakan

Cara Membuat Kue Pukis

Cara Membuat Kue Pukis – Makanan tradisional kue pukis pasti telah banyak yang mengenalnya, tetapi langkah bikin kue pukis ini nyatanya banyak yang belum tahu langkahnya. Meskipun tampak simpel, tetapi nyatanya kue yang satu ini dapat dimasak dengan memakai beragam jenis variasi yang sudah pasti bisa menghidupkan selera makan. Terlebih apabila dipandang berbahan yang gampang didapat serta tak terlampau banyak, kue satu ini dapat menjadi salah satu pilihan makanan ringan yang murah meriah serta mengenyangkan. Sebagian variasi ini umumnya ada penambahan bahan pada toping atasnya, seperti penambahan susu coklat, messes maupun kacang-kacangan sesuai dengan selera anda. Sehingga untuk Cara Membuat Kue Pukis pun hasilnya bisa disesuaikan dengan keinginan kita.

Pada intinya untuk membuatnya juga tidak terlalu rumit. Peralatan yang perlu kita siapkan juga relatif simpel, lantaran biasanya adalah peralatan dapur umum yang kerap kita pakai sehari-hari. Cuma saja untuk cetakan pukis ini yang butuh kita tambahkan supaya bentuk pukis jadi bagus dan menarik. Untuk cetakan dapat anda peroleh di toko yang menjual beberapa bahan untuk membikin kue atau roti. Jadi apakah anda tertarik untuk mencoba Cara Membuat Kue Pukis.

Cara Membuat Kue Pukis

Bahan-Bahan Cara Membuat Kue Pukis:

  • 4 butir telur ayam,
  • 300 ml santan kelapa murni,
  • Keju parut cukup 50 gram saja,
  • 3 sdm margarin,
  • 250 gram gula pasir,
  • 1 sendok teh ragi instan,
  • Meises seperlunya saja,
  • 250 gram tepung terigu berkualitas.

Cara Membuat Kue Pukis:

  1. Ayak tepung terigu, kemudian campurkan dengan ragi instan dan aduk hingga merata,
  2. Kocoklah telur dan gula hingga terlihat mengembang dan menjadi kental, kemudian masukkan campuran tepung terigu dan ragi tersebut secara sedikit demi sedikit sampbil terus diaduk-aduk,
  3. Tuangkan santan ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga merata, kemudian diamkan adonan sambil ditutup plastik selama 30 menit,
  4. Mulai panaskan cetakan pukis hingga cukup hangat kemudian olesi dengan margarin secukupnya permukaannya,
  5. Tuangkan adonan pukis secara hati-hati dan tidak perlu sampai penuh (cukup ¾ cetakan saja) lalu taburi sedikit meises diatasnya dan tutuplah cetakan,
  6. Panaskan hingga matang, maka hidangan ini sudah siap untuk disajikan.

Cara Membuat Kue Pukis

Tips supaya kue pukis lebih empuk

Mungkin saja jika kita pernah coba kue pukis yang banyak di jual di beberapa tempat, kita kerap menjumpai ada kue pukis yang memiliki tingkat keempukan berlainan. Supaya resep kesempatan ini merasa demikian prima, jadi ada pentingnya anda memerhatikan adonan yang sudah anda bikin supaya terus terjaga keempukannya meskipun kue itu sudah dingin. Rahasia supaya kue ini selalu empuk yaitu :

  1. Pada kekentalan adonan. Makin kental adonan jadi rasa serta struktur yang dipunyai oleh kue bakal makin empuk serta enak.
  2. Untuk sistem penuangan santan (juga sebagai bahan yang paling akhir dimasukkan dalam adonan), baiknya ditunggu saat sistem pengadukan adonan tampak nyaris usai, dengan demikian santan akan tidak terlampau banyak terserap pada adonan serta dapat memberi rasa lebih gurih,
  3. Lamanya adonan dilewatkan saat sebelum dituangkan ke cetakan. Baiknya tunggulah sampai 2-3 jam sambil adonan ditutupi oleh plastik saat sebelum dituangkan ke cetakan. Ini supaya ragi bisa bekerja dengan cara prima bikin struktur kue lebih lembut serta empuk.

Baca Juga: Resep Cara Membuat Kue Tart Cantik

Tips Supaya berwarna-warni

Salah satu variasi dalam resep Cara Membuat Kue Pukis ini yaitu pewarnaan yang dapat sesuai menurut hasrat atau selera kita. Sesungguhnya warna kue yang berlainan bukanlah terdapat pada bahannya yang tidak sama tetapi ada kombinasi bahan pewarna makanan yang digabungkan dalam adonan kue ini. Untuk sistem pencampurannya, anda dapat mengerjakannya ketika adonan sudah usai didiamkan sepanjang lebih kurang 2 atau 3 jam seperti tertulis diatas, lalu barulah anda berikanlah sedikit saja pewarna makanan serta lalu diaduk-aduk sampai rata hingga keseluruhnya adonan berwarna sama.

Kecuali memakai pewarna makanan berbahan kimia, warna pada adonan dapat pula memakai beberapa bahan alami yg tidak membahayakan untuk kesehatan (meskipun pewarna makanan juga tak membahayakan). Beberapa bahan pewarna alami ini terkecuali gampang didapat, pasti dapat juga menaikkan cita rasa dalam sistem beberapa langkah memproses yang sudah anda kerjakan seperti :

  • Warna hijau dapat diperoleh dari daun pandan atau daun suji yang dipotong-potong kecil lalu dilumatkan dengan memakai jus atau ditumbuk. Peras ampas hasil tumbukan itu serta airnya dapat dipakai juga sebagai pewarna hijau,
  • Warna biru dapat didapat dari perasan buah blueberry yang prosesnya nyaris sama juga dengan bahan pewarna alami di atas,
  • Warna merah muda maupun pink dapat didapat dari buah raspberry maupun strawberry yang telah diperas lalu disaring ampasnya.

Panduan memberi bahan penambahan untuk toping

Variasi lain dalam resep Cara Membuat Kue Pukis, kita dapat juga memberikan beragam bahan yang sangatlah menggoda selera. Bila untuk misal di atas kita memakai messes jadi diluar itu kita dapat juga memakai parutan keju, buah nangka, maupun kacang cincang. Mengenai penaburannya yaitu saat adonan sudah dimasukkan ke cetakan lalu tunggulah sampai 1/2 masak. Sesudah 1/2 masak barulah kita bisa memberi kombinasi bahan itu. Mengapa mesti menanti sampai 1/2 masak? Ini ditujukan supaya beberapa bahan yang digabungkan itu tak turut masak atau meleleh dalam kue serta terus memiliki aroma serta cita rasa yang terbangun.

Baca Juga: Aneka Resep Kue Kering Lebaran

Tips supaya penampilan pukis tampak merekah serta basah bersinar

Supaya penampilan dari kue pukis ini makin bagus serta menarik, kita cuma butuh lakukan sedikit sistem dalam resep ini. mengenai sistem itu yaitu seperti berikut :

  • Supaya tampak merekah, pakai senantiasa tepung terigu yang memiliki kwalitas bagus. Tepung dengan kwalitas yang bagus bakal memberi penampilan yang merekah demikian kue ini masak pada cetakan,
  • Selain itu supaya tampak basah serta bercahaya menarik, anda dapat memoleskan sedikit mentega maupun margarin pada toping demikian kue ini telah tampak masak serta siap untuk diangkat dari cetakan yang sudah anda siapkan pada awal mulanya.

Demikian sebagian langkah dan tips untuk Cara Membuat Kue Pukis yang bisa anda kerjakan untuk bikin panganan basah sangatlah nikmat ini. Juga sebagai langkah penyajiannya, anda dapat menghidangkan kue ini hangat-hangat saat baru masak dengan dibarengi sedikit tuangan susu coklat pada piring saji. Juga sebagai pelengkapnya, makanan ini sangatlah pas di sajikan berbarengan kopi ataupun teh hangat saat anda tengah berkumpul berbarengan rekan atau keluarga kecil anda.

Cara Membuat Kue Pukis | admin | 4.5

Leave a Reply